3 Macam Ulama’

Kata ‘ulama’ merupakan jamak (jumlah banyak dari ‘alim) orang yang berilmu. Berkaitan dengan sikap dan tujuan dalam mengamalkan ilmunya, maka mereka dapat dibedakan menjadi tiga golongan ;
1. ulama yang mencelakakan diri sendiri dan juga mencelakakan orang lain. Mereka adalah ulama’ yang mencari keuntungan dan kenikmatan hidup duniawi. Ilmu dan hukum yang difahami bisa saja diputarbalikkan demi mendapatkan keuntungan di dunia ini. Sesustu yang sebenarnya haram bisa menjadi halal dan atau sebaliknya. Naudzubillah.
2. ulama yang membahagiakan dirinya dan membahagiakan orang lain. Mereka adalah ulama’ yang selalu menyeru kepada  jalan Allah swt dengan ikhlas lahir dan batin. Berharap mendapatkan balasan dari Allah swt di akhirat nanti. Tidak silau dengan godaan dan bujukan yang bersifat duniawi yang dapat merusak nilai amalnya.
3. ulama yang mencelakakan dirinya tetapi membahagiakan orang lain, ulama yang menyeru pada jalan Allah swt pada lahiriyahnya (tampaknya), tetapi dalam hati dan batinnya tidak ikhlas tetapi sebenarnya mencari keuntungan duniawi.

Semoga kita dapat belajar ilmu, mengamalkan dan mengajarkannya dengan niat dan tujuan yang benar. Mengharap ridlo dan balasan dari Allah swt. sehingga menyebabkan diri kita selamat dunia dan akhirat. Amiin.

Semoga.

Tentang Kuns Web

Belajar Blog, Sharing Religi dan Pendidikan
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan, Religi dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s